Universitas Terbaik Di Luar Pulau Jawa Tahun 2024

STMIK Tentunya sobat cerdas tidak perlu diberitahu bahwa perguruan tinggi di luar Pulau Jawa mempunyai ciri-ciri yang sulit diprediksi. Sayangnya, sejujurnya kita lupa bahwa masih ada perguruan tinggi bagus di luar Pulau Jawa, baik negeri maupun swasta.

Beberapa Daftar Kampus Terbaik Di Luar Pulau Jawa

Nah, khusus telur (telur harusnya ada di dapur), kali ini kita cari tahu apa saja tipsnya untuk sobat cerdas yang akan segera kuliah di perguruan tinggi luar pulau Jawa. Berikut lima universitas terbaik di luar Jawa menurut Aku Pintar.

Universitas Hasanuddin

Unhas merupakan perguruan tinggi negeri yang berlokasi di luar pulau Jawa, tepatnya di Sulawesi Selatan, dan masuk dalam Kelompok 1 Daftar Perguruan Tinggi Tahun 2020 oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Pendidikan dan Kebudayaan. Kampus di kota Makassar ini menampung 15 universitas. . Jumlah perguruan tinggi ini lebih banyak dibandingkan kebanyakan perguruan tinggi yang ada di Pulau Jawa.
Jurusan yang dipilih UNHAS antara lain hubungan internasional, ekonomi, hukum, arkeologi, kehutanan, gizi, kedokteran gigi, dan pendidikan kedokteran. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang berbagai gelar universitas di Makassar.

Universitas Andalas

Unand satu grup dengan Unhas. Faktanya, keduanya memiliki jumlah perguruan tinggi setingkat universitas yang sama. Seperti halnya status perguruan tinggi negeri di luar Pulau Jawa yang menjadi lembaga terakreditasi BAN-PT, lokasi kampus Unand dan Unhas juga berjauhan. Lebih spesifiknya kampus Universitas Unand terletak di Padang, Sumatera Barat. Peminatan yang dipilih di Unand antara lain Manajemen, Kedokteran, Farmasi dan Hukum.

Universitas Sumatera Utara

Universitas Medan yang disingkat USU ini masuk dalam Daftar Perguruan Tinggi Kelompok 1 Direktorat Jenderal Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020, dengan fakultas yang sama dengan dua perguruan tinggi sebelumnya di luar Pulau Jawa.
Apa hal favoritmu tentang USU? Beberapa diantaranya adalah Sastra Inggris, Administrasi Bisnis, Administrasi Publik, Manajemen, Ilmu Politik, Ekologi, Arsitektur, Antropologi Sosial dan Ilmu dan Teknologi Pangan. Seluruh bidang studi di USU dapat dibaca dan diterima di sini.

Universitas Udayana

Perguruan tinggi negeri di Bali ini masuk dalam 10 besar perguruan tinggi dengan indikator sumber daya terbaik di Indonesia tahun 2020 menurut Direktorat Jenderal Kementerian Pendidikan Tinggi, Pendidikan dan Kebudayaan. Artinya jika anda calon mahasiswa Uns. Mereka yang menyelesaikan studi doktoralnya bertemu dengan rekan-rekan cerdas, profesor dan dosen di industri dan mahasiswa internasional.
Apakah Anda memiliki tujuan besar di Anode? Jurusan yang dipilih PTN di luar Jawa antara lain hukum, fisika, peternakan, manajemen, akuntansi, teknik sipil, arsitektur, dan teknologi pertanian.

Universitas Syiah Kuala

 

Unsyiah merupakan universitas yang berlokasi di Asia, salah satu dari 10 kampus universitas di Indonesia, dan memiliki tingkat kemajuan yang sangat baik menurut Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Tinggi dan Kebudayaan. Selain keunggulan program kelembagaan dan penelitian yang diakui BAN-PT, poin ini semakin memperjelas bahwa perguruan tinggi negeri di luar Jawa ini memiliki perkuliahan daring yang baik, menyelenggarakan program studi mandiri, serta menjalin kerja sama dengan DUDI dan lembaga swadaya masyarakat.